Menu

AdS

Friday, April 11, 2014

WRITELN


Jika write adalah perintah untuk mencetak hasil pada baris yang sama maka writeln adalah mencetak hasil pada layar pada baris berikutnya.

Contoh 1

Begin
Writeln(‘Aku’);
Writeln;{membuata baris kosong}
Writeln(‘Dia’);
End.

Hasil dari program akan menjadi seperti:
Aku

Dia

Contoh 2

Var
A:string[3];
B:string[3];
Begin
A:=’Aku’;
B:=’Dia’;
Writeln(A);
Writeln(B);
Writeln(A+’dan ‘+B);
End.

Hasil program
Aku
Dia
Aku dan Dia

Contoh 3

Mohon jangan salah ketik yang mana komma (,) dan titik koma(;)

Var
A:integer;
B:integer;
Begin
A:=10;
B:=20;
Writeln(‘A =’,A);
Writeln (‘B =’,B);
Writeln(‘A+B=’,A+B);
Writeln(‘A-B=’,A-B);
Writeln(B,’/’,A,’=’,B/A);
Writeln(A,’x’,B,’=’,A*B);
End.

Contoh:4

Var A,B:integer;
Begin
A:=6;
B;=3;
Writeln(A,’/’,B,’=’,A/B);
Writeln(A,’/’,B,’=’,A/B:0:0);
Writeln(A,’div’,B,’=’,A div B);
End.

CATATAN
Anda dapat mengubah jumlah desimal dengan menambah :0:0 pada akhir perhitungan atau variabel jika ingin tanpa desimal,contoh :A/B:0:1 jika ingin 1, A/B:0:2 jika ingin dua desimal dan seterusnya . sedangkan angka 0 pertama adalah menyatakan spasi(jarak pencetakan.


Kembali ke Contoh Program Turbo Pacal 

No comments:

Post a Comment