Menu

AdS

Friday, April 25, 2014

SWAP


Swap untuk membalikan byte tertinggi dan terendah dari suatu argumen.
Supaya anda mengerti fungsi dari swap ini anda harus  mengerti bagai mana komputer menyimpan sebuah nilai.bagi anda yang sudah belajar assembler tentu akn mudah memahami dan bagai mana menggunakan  Hi,Lo dan perintah Swap.
Pada dasarnya komputer menyimpan sebuah nilai dalam bentuk biner dan agar mudah dimengerti disajikan dalam bentuk hexa desimal dan untuk lebih memudahkan lagi ditampilkan dalam bentuk desimal.
Sesuai yang sering kita pakai, satuan dalam menentukan suatu nilai didalam komputer dinyatakan didalam byte, byte adalah kumpulan 8 digit biner yang biasa disebut bit,sedangkan word adalah dua buah byte yang disatukan dan seterusnya kita dapat lihat dalam tabel type data,mari kita gunakan 1 byte yang biasa dipakai untuk memproses data  seperti sebuah karakter huruf dalam alfabeth,karakter angka dalam alfa numerik dan simbol simbol, yang semuanya dikenali dengan cara membandingkan dengan tabel ASCII.kita dapat melihat contoh di bawah ini bagai mana huruf a kecil dan A besar dalam urutan tabel ASCII. Ketika ditulis dalam biner,hexa dan desimal

Huruf                    Biner                    Hexa      Desimal
a                              0110 0001            61           97
A                             0100 0001            41           65

Dari tabel di atas kita dapat mengetahui kode hexa dari a kecil adalah 61 yang berarti 60+1 dimana angka 60 sebagai hi dan 1 sebagai lo  atau dalam tabel biner kita dapat mengambil 0110 sebagai nilai tertinggi (4 bit) dan 0001 sebagai nilai terendah(4bit).
Perhatikan huruf a kecil dalam

                Biner     Hexa      Desimal
Hi           0110      60          96
Lo           0001       01           01

Untuk mengetahui kebenaran persamaan nilai hexa,biner,dan desimalnya kita dapat menggunakan kalkulator sebagai alat bantu.atau anda dapat menuliskan sendiri dengan turbo pascal.
Nah setelah pencerahan di atas kita dapat menswap nilai tertinggi dan terendah dengan fungsi yang disediakan turbo pascal yaitu perintah swap.

Contoh:
Var x:word;
Begin
X:=swap($1234);
End.

Tanda $ adalah untuk memberitahu kalau nilai yang dipakai adalah hexa desimal
Isi nilai dari x setelah di swap adalah $3412


No comments:

Post a Comment